follow up tentunya sebagai komunikasi lanjutan terhadap calon pelanggan. Ketika kamu sudah berhasil menarik perhatian pelanggan baik secara langsung maupun online, langkah selanjutnya adalah menghubungi calon pelanggan tersebut.
Kamu bisa mengajak calon pelanggan untuk membeli produkmu dengan cara menjelaskan singkat keunggulan produk hingga promo yang kamu miliki.
Adapun tips agar berhasil mengclosing pelanggan / costumer sbb :
1. Folloup Time
Masing-masing dari customer pasti mempunyai waktu kesibukan yang tidak sama. Jika pihak customer meninggalkan pesan akan menghubunginya kembali maka tunggulah sampai customer tersebut menghubungi kembali.
Apabila tak kunjung menghubungi juga cobalah memberikan waktu tambahan. Paling tidak beberapa hari atau 2 hari. Jangan terus menerus menghubungi customer, karena hal ini justru akan membuat mereka merasa risih.
2. Follow up selanjutnya adalah Care Sosmed
Ada baiknya juga jika mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh customer sebelum memfollow up nya. Hal ini mempunyai tujuan supaya lebih mendekatkan diri kepada konsumen. Teknik yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan like, komentar, atau share pada sosial medianya.
Supaya customer tidak merasa risih maka Anda juga tidak boleh melakukan teknik ini terlalu sering. Bersikaplah elegan saat ingin mem follow up customer supaya tidak memberikan kesan terlalu mengejar target.
3. Follow up Peduli atau Care Costumer
Tunjukkan Anda peduli dengan kebutuhan pembeli. Anda harus mengutamakan kepentingan pembeli daripada kepentingan pribadi. Bukan berarti itu artinya Anda harus rugi, tapi berikan 100% pelayanan Anda pada pembeli supaya Anda mengerti apa sih yang mereka butuhkan.
Misalnya : “Halo kak Ica, kerudung yang kakak mau tinggal 1 pcs. Apakah ada kendala kak? Ada yang bisa Santi bantu?
Anda bisa menyebutkan nama Anda agar terasa lebih akrab. Hal ini membentuk perasaan kekeluargaan. Hal ini biasa terjadi, terlebih jika pelanggan Anda ibu-ibu yang cukup umur. Kalau ikatan terikat, sekalipun harga Anda cukup mahal mereka akan bertahan dengan Anda.
4. Terima Kasih
ucapkan terima kasih kepada pelanggan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap pelanggan.
Ucapan terima kasih ini dimaksudkan agar pelanggan merasa dihargai dan diakui keberadaannya oleh pelaku bisnis.
Personalisasi, layanan pelanggan yang baik, dan nilai produk yang jelas adalah faktor utama yang akan membuat pelanggan bisa Anda menangkan ketika melakukan follow up. Itulah kenapa mampu mengenali tipe, costumer experience penting untuk dilakukan. Bisnis Anda membutuhkan solusi yang secara otomatis dapat membantu Anda memahami apa yang diinginkan pelanggan berdasarkan riwayat pembelian, umpan balik dan interaksi dengan bisnis Anda. Happy closing yah….